Minggu, 14 April 2013

Yang Diperlukan Dalam Pembuatan Blog


Apa Saja yang Diperlukan dalam Membuat Sebuah Blog?
Dari postingan sebelumnya kamu sudah tahu kan apa itu blog. Nah, sekarang mari kita maju selangkah lebih jauh.
Setiap hal yang ingin kita lakukan di dunia ini pasti ada persyaratannya. Syaratnya mungkin ada yang tidak terasa saking mudahnya, tapi ada juga yang sangat berat untuk dipenuhi. Dalam membuat blog juga ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, namun tidak banyak dan tidak berat ko. Nah persyaratannya adalah:
1. Memiliki niat dan kemauan
Kalau kita tidak mempunyai niat dan kemauan untuk membuat blog, ya tentu saja kita tidak akan memulai untuk mempelajari dan membuatnya kan?
2. Membuat Tujuan
Buatlah suatu tujuan untuk apa kita membuat sebuah blog. Tujuannya akan bisa ada banyak sekali berbeda-beda tiap orang. Saya sendiri mempunyai beberapa tujuan. Pertama, saya ingin lebih kenal dengan dunia internet. Kedua, saya ingin membagikan ilmu saya kepada orang banyak agar lebih berkah dan bermanfaat. Ketiga, mungkin nantinya saya ingin mendapatkan penghasilan yang berawal dari blog ini :DSaya akan berusaha terus hingga tujuan saya tercapai. Silakan kamu juga buat tujuan sendiri.
3. Memikirkan topik yang ingin dibahas
Bagaimana mungkin kita bisa membuat blog tanpa ada topik yang ingin dibahas. Cuma jadi situs kosong aja donk :DYang paling penting di sini adalah buatlah topik yang kita senangi. Mungkin sebagian orang mengatakan “buatlah topik yang kita senangi dan kuasai”. Saya sendiri tidak setuju dengan statement tersebut. Topik yang perlu dibuat cukup topik yang kita senangi, karena sambil kita mengembangkan blog dengan topik tersebut, secara perlahan kita akan mendalami dan menguasai topik tersebut. Saya sendiri hampir tidak tahu apa-apa tentang internet, tapi saya menyenanginya, dan ilmu saya bertambah sedikit demi sedikit saat mencari-cari artikel untuk dipakai sebagai bahan postingan blog ini. Jadi tenang aja kalau emang belum dikuasai, tapi pas mulai ngebuat blog, usahakan untuk terus mempelajarinya.
Contoh topik: teknologi, kesehatan, budaya, politik, kuliner, bangunan, moral, pengalaman pribadi, dan lain-lain
4. Mulai praktekkan
Bila sudah punya niat dan kemauan, tujuan, serta topik yang ingin dibahas, semuanya itu tidak ada gunanya bila kita tidak langsung benar-benar membuat blognya. Ada 2 pilihan dalam membuat blog. Gratisan dan berbayar. Untuk yang gratisan, kamu bisa daftar di 2 situs terkenal yaitu
http://wordpress.com atau http://blogger.com. Kamu tinggal mengikuti panduan yang sudah ada di situsnya, cukup mudah kok. Nah, untuk pembuatan blog dengan berbayar (sebenarnya sih yang berbayar adalah domain dan hostingnya) seperti blog yang saya buat ini, akan saya bahas di postingan selanjutnya.
Cukup itu saja yang kita butuhkan untuk membuat sebuah blog, mudah bukan? Jadi bagi yang belum memiliki blog, langsung aja meniatkan diri, membuat tujuan, memikirkan topik, dan tuangkan semua itu dengan membuatnya langsung! Kalau ada hambatan di-share aja, mari kita saling membantu :)
Seperti yang saya katakan sebelumnya, postingan selanjutnya akan berisi tentang bagaimana cara membuat blog seperti yang saya buat ini. Tetep ikutin terus ya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar